Kamis, 13 September 2012

BADAI



Berikut ini ada beberapa badai yang terkenal yang bisa menimbulkan bencana alam dengan efek yang paling parah dan merusak. Beberapa diantaranya pernah menghiasi pemberitaan sebagai salah satu badai yang menyebabkan kerusakan yang dasyat. Uniknya lagi, nama badainya tidak mencerminkan sesuatu yang berbahaya dan mengancam.

 MACAM BADAI
 
1. Badai Ivan. Awalnya badai Ivan terbentuk dari badai tipe Cape Verde, lama-kelamaan berkembang menjadi badai dengan kategori 5, kategori terkuat dalam skala badai. Puncaknya badai Ivan terjadi di Meksiko, ukuran badai ini se kota Texas. Dia juga menimbulkan 117 tornado yang menyerang timur USA.
2. Badai  Isabel . Badai ini merupakan badai Atlantik paling mematikan pada tahun 2003. Badai Isabel terbentuk   dari gelombang tropis pada 6 September 2003 di Atlantik. Badai ini bergerak ke arah barat laut dan terus membesar. kecepatan angin saat itu mencapai 265 km/jam. Lalu, badai Isabel ini mengakibatkan tanah longsor di North Carolina dengan  kecepatan angin 165 km/jam.
3. Badai Katrina. Badai ini adalah siklon tropis yang sangat besar yang melanda tenggara Amerika Serikat pada 24-31 Agustus 2005. Lebih dari 200.000 km persegi wilayah tenggara USA terpengaruh badai ini (seukuran Britania Raya), termasuk Lousiana, Missisipi, Florida dan Georgia. Badai ini mengakibatkan matinya listrik yang mempengaruhi 1 juta jiwa.
4. Badai Jeanne. Badai ini paling mematikan di musim badai Atlantik pada tahun 2004. Badai Jeannemengakibatkan tanah longsor di Florida, menyapu bersih pulau Great Abaco dan Grand Bahama, dan juga mengakibatkan banjir di West Virginia dan New Jersey. Total korban jiwa mencapai 3.025 jiwa.
5.Badai Anggrek. Badai tropis Anggrek merupakan sirkulasi angin yang berputar dan bersumber dari wilayah tropis yang hangat. Badai ini terbentuk oleh 3 faktor yaitu suhu muka air laut hangat yang mengakibatkan penguapan air laut, pemusatan tekanan rendah badai dan rotasi bumi.

Tidak ada komentar: