Rabu, 10 Juni 2009

Geomorfologi Dasar

Geomorfologi Sumatera Bagian Selatan.

Secara geomorfologi, semakin besar bagian dari sumatera selatan dapat digambarkan sebagai blok pegunungan. Banyak diantaranya berupa gunung berapi. Blok pegunungan ini hingga timur laut yang terlipat geosynclines terjadi pada umumnya rendah di bagian selatan. Terdapat dataran aluvial sempit yang terputus memisahkan blok Bengkulu dari Samudera Hindia sedangkan di sepanjang pantai ada yang sangat luas alluvial plain.

Blok Bengkulu

Kenampakan umum
Tinggi permukaan turun perlahan-lahan dari ketinggian lebih dari 1000 m di barat laut ke 50 m dan kurang dekat Cape Tjina di tenggara. Di bagian utara lebih banyak ditemukan breksi vulkanik dan tuff dengan daerah sabuk neogen yang lebih luas. Daerah batuan andesit tua (awal Neogene) dapat dibedakan dari gunung berapi kuarter karena sisa-sisa hasil aktivitas dari kedua mengisi lembah.
Pola drainase
Intensitas perubahan yang terlihat adalah peneplain yang terlepas dari pengaruh lithological yang disebutkan di atas. Terutama ditentukan oleh ketinggian dimana berbagai komponennya terangkat. Sumber Sungai utama di blok ini terletak di dekat pergesekan sepanjang median graben yang akhirnya mengalir ke arah Samudra Hindia.
Pantai
Fenomena menarik lainnya adalah wilayah pesisir yaitu munculnya terumbu karang dan pantai sebagai akibat dari gabungan efek tectonic yang mengangkat dan perubahan perubahan Pleistosen di laut.
Gunung berapi
Volcanisme tidak sepenuhnya berhenti pada awal neogene. Gungung api dari akhir neogene pada beberapa tempat mengalami erosi yang sangat kuat sehingga sulit dibedakan morfologinya dari pembentukan andesit tua. Aktivitas gunung api kuarter terbatas pada “fault scarp” pada Median graben tapi beberapa gunung api dapat terbentuk contuhnya gunung Pugung (1964 m) yang berloksi di barat daya danau Ranau.

Median Graben

Kenampakan umum, Kenampakan yang rumit terlihat dari teluk semangko di selatan hingga pulau Weh di utara dan sebagai tanda dari puncak-puncak bukit Barisan. Di timurnya, merupakan sebuah komplek sabuk pegunungan yang terletak di Sumatera bagian selatan. Saat ini bagian median Graben terlihat menghujam ke arah Samudera Hindia dan bagian lainnya kearah selat Malaka.

Wilayah Semangko,
Teluk Semangko berbentuk seperti baji dan adanya sebuah wilayah segitiga dataran aluvial sungai dengan nama yang sama menyempit di barat laut dan berakhir. Kontras antara lurus barat curam dan lengkung curam timur menjadi kurang jelas.

Mekaukau-Tanjungsakti
Danau Ranau di 540 m di atas permukaan laut yang berarti curam ke barat laut ke Kuala Sungai. Sebelumn sungai terputus di fault timur, bergabung dengan Sungai Mekakau yang datang dari arah berlawanan dan membentuk Sungai Selabung.
Keruh-Musi, Sungai Keruh yang mengalir ke arah barat laut di graben, bergabung dengan Musi bagian atas yang datang dari arah berlawanan, dan kemudian putus di timur karena adanya fault.

Ketaun, Selanjutnya pada Median Graben menjadi sempit dan rumit oleh beberapa daerah horsts. Wilayah tersebut dialiri oleh sungai Ketaun yang mengalir ke barat laut dan akhirnya berakhir karena fault di bagian barat yang mencapai Samudra Hindia.

Dataran Rendah Bagian Timur

Blok Sekampong
Di ujung selatan Sumatra, sebelah timur Teluk Lampung memiliki karakteristik yang berbeda dari sebuah blok timur, dengan adanya gunung walaupun itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan Semangko dan Ratai Blok sebelumnya. Van Bemmelen memberi nama Sekampong Blok. Peneplain meskipun terhalang oleh batuan dasit Lampung dan bentuk lahan dapat pula dianggap sebagai tuff plato yang mengalami beberapa blok faulting. Tuffs berasal dari celah letusan sepanjang satu atau lebih fault pada bagian selatan dari Lampung.

Dataran basalt Sukadana, Sungai Sekampong muncul dari Barisan pegunungan akibat mengambil arah timur hingga mencapai basalt dataran lava Sukadana. Dari sana mengikuti apa saja aliran lurus ke arah tenggara Sumatera mengalir sepanjang tepi lurus dari dataran lava. Ini mampu mengumpulkan beberapa sungai dari dataran dacitic tuff ke barat, namun tidak ada dari cabang-cabang baru dan porous basalt.

Dataran aluvial sempit di selatan, alluvial plain pantai timur yang sangat sempit di sebelah selatan sebagai perbandingan luas dengan yang lebih datar ke timur laut. Ternyata, lebar dari alluvial plain tidak terutama ditentukan oleh tingkat sedimentasi dari sungai yang besar, tetapi harus diatur oleh tenaga tectonics baru sehingga terjadi subsidence dan pergolakan.

Dataran rendah Palembang, Drainase yang dari Lampung tuff dataran lebih ke timur laut tidak menunjukkan kontrol struktural yang seolah-olah menunjukkan penurunan intensitas faulting dalam petunjuk ini. Sebagian besar sungai dataran rendah mengalir ke timur laut yang sesuai dengan rantai bukit Barisan.

Tiga anticlinoria utama dapat dibedakan di selatan dan pusat di Palembang pengecualian di Muaraenim-Baturaja, Pendopo-Prabamulik, dan Palembang. Lebih jauh ke arah barat laut ketiganya bergabung dan menjadi satu zona luas dilipat. Ridges pembentukan yang pertama disebutkan di atas bahwa anticlinorium terlihat dari tingkat peneplain dan karena itu ditunjukkan sebagai dilipat gunung secara geomorfologi pada peta.

Pantai purba, Rekonstruksi pantai purba terletak di tenggara Sumatera. Meskipun mungkin ada beberapa keraguan mengenai beberapa orang pada kesimpulan geologi dasar, sangat jelas bahwa hanya ada dataran sempit alluvial yang ada di sebelah timur Palembang.

Bagian barat laut peneplain, Sungai-sungai yang mengaliri daerah peneplain lebih ke utara juga dipengaruhi oleh kecenderungan umur geologi . Pendopo anticlinorium yang memiliki efek yang penting dalam hal ini. Sebagian besar tergantung pada jumlah dan kualitas mereka penskorsan beban. Sebagai contoh yang Klingi refans mencapai dataran rendah yang sangat baik menghasilkan tanaman kering.

Area Pegunungan hingga Timur Median Graben

Kenampakan Umum, Wilayah ini dari bentuk dari bagian timur bukit barisan. Beberapa blok yang membujur horizontal dapat dilihat, ini adalah bentukan permukaan pra-volcanic dari gunung api kuarter. Kondisi alam dan umur dari permukaan ini diperkirakan sama dengan blok bengkulu.

Semangko dan Blok Ratai, Blok Semangko terletak di timur Teluk Semangko, yang sebagian besar terdiri dari andesites. Mencapai ketinggian 700 meter dekat dengan ujung barat lereng bawah dan ke arah timur laut bertahap. Beberapa puncak bahkan meningkat lebih tinggi dari permukaan wilayah lainnya.
Terdapat beberapa fault (sesar) yang mempengarihi di sebelah timur teluk Ratai. Gunung api andesit Ratai memiliki puncak berbentuk tapal kuda, berlokasi di sesar ini dan terbentuk disepanjang sesar ini.
Antara Semangko dan Ratai blok juga bagian selatan gunung api Ratai, terdapat sebuah dataran aluvial yang terdapat sungai subsequent yang berasal dari aliran coosequent dari blok Semangko dan aliran radial dari gunung api.

Hulawaisamang dan Gunung Api Sekitar, Salah satu wilayah granitis dan metamorfic di Sumatra terbesar terletak di utara dari dataran Wail Lima. Bagian dari wilayah ini merupakan dasar (wilayah yang rendah). meskipun lebih rendah daripada Pulau Bangka Belitung, namun bagian lain merupakan sisa dari dari Pegunungan Hulawaisamang yang tingginya lebih dari 1.080m dan tertutub sedimentasi tersier. Butir kuarsa tersebar diatas permukaan tanah.

Graben gedongsurion, Terusan dari blok Semangko terdapat hingga timur laut dari gunung api Tanggamus dan disana terdapat dataran tinggi dengan ketinggian 1.100 – 1.300 m, sebagian tertutp oleh hasil gunung api andesit kuarter. Bagin pertemuan merupakan gunung api tektonik yang tersingkap yang merupakan Graben Gedongsurion. Wilayah ini mempunyai satu pusat erupsi yang mempengaruihi wilayah tuff lampung.

Komering Gap dan Pegunungan Garba, Hasil dari erupsi Ranau dialirkan ke arah timur melalui “Komering Gap” antara stratovolcano dan kompleks Pegunungan Garba hingga ke barat laut. Kompleks Pegunungan Garba menurun ketinggiannya di arah tenggara yang hilang di Ranau.

Kaba volcano, Wilayah ini sebenarnya merupakan sebuah gunung kembar yang lama, kerucut gunung bagian barat laut punah dan rusak. Air panas terjadi pada sisi timur. Yang beberapa Kaba kawah yang berada di garis sesar.

download artikel ini dengan format microsoft word (.doc) klik disini

download Presentasi makalah powerpoint (.pps) klik disini

Tidak ada komentar: